Bookmark and Share

Public Junior High School 2 Gresik

SMP Negeri 2 Gresik Menuju Bilingual School More »

Spendagres

Spendagres is the best!!! More »

SMP Negeri 2 Gresik

Creative - Innovative - Competitive School More »

Welcome to smpnegeri2gresik.com

Portal Resmi SMP Negeri 2 Gresik More »

Berprestasi di Tingkat Nasional

Juara 1 LPIR SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 di Bidang Sosial dan Juara 3 LPIR SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 di Bidang Teknologi More »

Spendagres dan Prestasi

Prestasi Tenaga Pendidik Spendagres tahun 2013 More »

Student Achievements

Prestasi Siswa di tahun 2014 sangat membanggakan SMP Negeri 2 Gresik More »

 

Pentingnya Mengenang Kartini

KartiniHari Kartini. Ada sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, tapi tetap radikal, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya. Beberapa dekade setelah beliau meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punya juga tidak sepenuhnya punah, terutama budaya patriarki.

Hari Kartini, di berbagai daerah diperingati dengan cara menggunakan baju adat daerah-daerah yang ada di Indonesia. Entah kenapa juga, apakah ada relasi antara baju adat dan perjuangan R. A. Kartini itu sendiri. Setidaknya, momentum ini bisa membuat rasa nasionalisme kita ada dan bertumbuh, untuk menyegarkan semangat kita untuk membangun bangsa kita, dan terutama kota kita tercinta, dan tidak menyerah dengan keadaan yang serba sulit seperti saat ini.

Tidak kita pungkiri bila modernisasi membuat generasi muda  semakin jauh dari jiwa nasionlis. Kenbanggaan generasi muda terhadap negeri  semakin pudar. Negeri ini mulai dijauhi oleh penerus perjuangan para pahlawan. Bukankah para pahlawan berjuang negan  pengorbanan jiwa dan raga untuk mewariskan kemerdekaan ini untuk generasi muda? Bukti  bahwa generasi muda mulai terdegradasi rasa nasionalisnya adalah bahwa  mereka banyak tidak hafal lagu-lagu nasioanal tetapi dengan lalu pop dan sejenisnya sangat hafal. Tidak itu saja bila ditanya tentang pahlawan mereka tidak tahu.  “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawan”. Seharusnya kita  sekarang dan sampai kapanpun menghargai mereka yang teleh mengorbankan jiwa dan raganya. Oleh karena itu di momentum peringatan  nasional kita tidak sekedar memperingati tetapi berupaya untuk menggugga dan memotivasi siswa dan generasi muda.  Untuk itu seharusnya di sekolah-sekolah dimeriakan peringatan hari Kartini dengan mode atau busana yang digunakan oleh para siswa dan bapak dan ibu.  Guru. Dengan cara inilah salah satu kita menghargai para pahlawan dan menanamkan kecintaan kepada Indonesia. Selamat hari Kartini semoga lahir jiwa-jiwa Kartini yang selalu mengharumkan bangsa di  ajang nasional maupun internasional. Semoga negeri ini selalu terang degan semangat semangatmu Kartini.

dion Written :
Mahmudiono, M.Pd.
(Indonesian Teacher)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *