Bookmark and Share

Public Junior High School 2 Gresik

SMP Negeri 2 Gresik Menuju Bilingual School More »

Spendagres

Spendagres is the best!!! More »

SMP Negeri 2 Gresik

Creative - Innovative - Competitive School More »

Welcome to smpnegeri2gresik.com

Portal Resmi SMP Negeri 2 Gresik More »

Berprestasi di Tingkat Nasional

Juara 1 LPIR SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 di Bidang Sosial dan Juara 3 LPIR SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 di Bidang Teknologi More »

Spendagres dan Prestasi

Prestasi Tenaga Pendidik Spendagres tahun 2013 More »

Student Achievements

Prestasi Siswa di tahun 2014 sangat membanggakan SMP Negeri 2 Gresik More »

 

Info PPDB 2016

ppdb2016

PENGERTIAN

  1. PPDB, Kepanjangannya adalah Penerimaan Peserta Didik Baru artinya proses seleksi administrasi dan akademis calon siswa untuk memasuki jenjang pendidikan setingkat lebih tinggi (SMPN)
  2. PPDB Online Real Time System adalah sistem penerimaan peserta didik baru pada Sekolah Negeri dengan proses entri memakai sistem database, seleksi otomatis oleh komputer, hasil seleksi otomatis online internet dan Short Message Service (SMS) setiap waktu.
  3. SST adalah singkatan dari Sistem Skoring Terpadu artinya gabungan dari beberapa komponen nilai/aspek sesuai dengan Pembobotan masing-masing.
  4. Sertifikat Hasil Ujian Sekolah adalah surat keterangan yang berisi nilai yang diperoleh dari hasil ujian sekolah (Tiga Mata Pelajaran) yang selanjutnya disingkat SHUS.
  5. Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan / atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian.
  6. Sekolah Tujuan adalah sekolah yang menjadi sekolah pilihan bagi calon siswa.
  7. Seleksi adalah penyaringan calon siswa berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan
  8. Tanpa tes adalah bebas mengikuti seleksi bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan umum dan persyaratan administrasi serta memiliki prestasi akademik maupun non akademik tingkat nasional dan/atau tingkat propinsi sesuai ketentuan
  9. Rasio Kelas adalah jumlah maksimum siswa dalam satu kelas sesuai dengan Pagu yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.
  10. Pagu adalah jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan belajar dalam satu kelas atau jumlah maksimal Rombel kelas paralel dalam satuan pendidikan

KETENTUAN

  1. Penerimaan peserta didik baru pada SMP Negeri dilakukan melalui seleksi, dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan.
  2. Kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru terbuka seluas-luasnya bagi peserta didik SD atau sederajat baik negeri maupun swasta, yang memenuhi persyaratan.
  3. Melakukan pendaftaran online pada situs www.gresik.siap-ppdb.com
  4. Daya tampung calon peserta didik dari luar daerah kabupaten gresik yang diterima, maksimal 5% dengan pembulatan kebawah dari daya tampung sekolah
  5. Pagu SMP Negeri per Kelas 34 Siswa
  6. Pemilihan sekolah maksimal 3 (tiga) sekolah
  7. Tempat pendaftaran dan sekaligus sebagai tempat Tes

SISTEM SELEKSI SMP NEGERI

A. SST (Sistem Skoring Terpadu) Maksudnya gabungan dari beberapa aspek dengan pembobotan, Sebagai berikut :
1. DNHUS murni (3 mapel) 30 %
2. Tes Akademis 60 %
3. Prestasi Akademis 5 %
4. Prestasi Non Akademis 5 %

B. Non Sistem Skoring Terpadu (Tanpa Tes)
Khusus bagi siswa yang memiliki prestasi akademik / non akademik perorangan/beregu tingkat Nasional dan/atau tingkat Propinsi, sebagaimana tersebut di bawah ini memiliki hak untuk masuk di salah satu sekolah SMP Negeri di kabupaten Gresik tanpa tes dengan ketentuan yang bersangkutan harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan panitia Rayon (Bidang Dikdas Dispendik) untuk dilakukan Verifikasi dan mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dengan menunjukkan :
1. Piagam / sertifikat asli dan foto copy yang dilegalisir induk organisasi terkait dan/atau
2. SK penetapan sebagai juara.

Adapun prestasi akademik / non akademik yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Siswa yang memiliki prestasi akademik Pelajar Teladan, LKIR tingkat Nasional Juara I, II dan III atau peserta OSN tingkat Nasional
  2. Siswa yang memiliki prestasi akademik Pelajar Teladan , LKIR, Lomba Lingkungan Sehat (LSS) dan Lomba Sanitasi tingkat Provinsi Juara I,II,III atau peserta OSN yang masuk Passing Grade tingkat provinsi.
  3. Siswa yang memiliki prestasi non akademik (O2SN,POPNAS, Kejurnas, PON semua Cabang Olahraga , FL2SN dan Pekan Seni Pelajar) diantaranya : Atletik, Catur, Bulu tangkis, Tenis Meja, Renang, Senam lantai, Tenis Lapangan, Seni Lukis, Seni Kriya, Seni Cipta Puisi, Seni Suara Solo/Duet, Seni Musik, Modeling, Seni Kaligrafi, Telling Story, Seni Baca Al-Qur’an Perorangan/Beregu tingkat Nasional juara I,II dan III dan Propinsi Juara I.
  4. Siswa yang memiliki prestasi non akademik (O2SN,POPNAS, Kejurnas, PON semua Cabang Olahraga , FL2SN dan Pekan Seni Pelajar) diantaranya : Atletik, Catur, Bulu tangkis, Tenis Meja, Renang, Senam lantai, Tenis Lapangan, Seni Lukis, Seni Kriya, Seni Cipta Puisi, Seni Suara Solo/Duet, Seni Musik, Modeling, Seni Kaligrafi, Telling Story, Seni Baca Al-Qur’an Perorangan/Beregu tingkat Nasional juara I,II dan III dan Propinsi Juara I.
  5. Siswa yang memiliki prestasi Akademis / Non Akademis sebagai mana tersebut di atas, yang tidak menggunakan haknya sampai dengan batas waktu yang ditentukan maka harus melalui seleksi Sistem Skoring Terpadu.(Piagam kejuaraannya tidak berlaku)
  6. Siswa yang memiliki prestasi Akademik/Non Akademik yang tidak termasuk pada jalur seleksi Non Tes, kepadanya diberikan tambahan skor sesuai ketentuan yang berlaku.
  7. Untuk piagam yang diperoleh dari hasil lomba/pertandingan tanpa atau tidak melalui seleksi berjenjang yang bersangkutan tidak berhak mendapatkan bebas test melainkan diberikan skor setingkat juara I tingkat kabupaten
  8. Verifikasi sertifikat/piagam prestasi dilakukan oleh Tim Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik di Bidang Dikdas (sesuai jadwal)

Tabel Prestasi Akademik SMP

TINGKAT PRESTASI Juara 1 Juara 2 Juara 3
Nasional Bebas Tes Bebas Tes Bebas Tes
Propinsi Bebas Tes Bebas Tes Bebas Tes
Kabupaten 15,00 12,50 10,00
Kecamatan 10,00

Tabel Prestasi Non Akademik SMP

TINGKAT PRESTASI Juara 1 Juara 2 Juara 3
Nasional Bebas Tes Bebas Tes Bebas Tes
Propinsi Bebas Tes 20,00 17,5
Kabupaten 15,00 12,50 10,00
Kecamatan 10,00

Ketentuan Piagam Prestasi Akademik dan Non Akademik

  1. Piagam yang diakui adalah piagam yang diterbitkan oleh lembaga Pemerintah non sekolah yang menjadi bidang tugasnya :

a. Bidang Akademis  Dinas Pendidikan Kabupaten/Propinsi, Kementerian pendidikan Nasional                  dan Kementerian Lingkungan Hidup.

b. Bidang Olah raga :  KONI  Dispora  Dinas Pendidikan Kabupaten/Propinsi dan Kementerian pendidikan Nasional  Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Provinsi/Nasional

c. Bidang seni :  Dewan Kesenian Daerah/Jawa timur yang bekerjasama dengan dinas pendidikan Kab/Propinsi.  Dinas Pendidikan Kab/Propinsi/ Kementerian pendidikan Nasional  Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Provinsi/Nasional

d. Skor maksimum nilai prestasi akademik atau non akademik masing-masing maksimal 30. Jika jumlah skor sudah mencapai 30 maka piagam prestasi yang lain tidak diperhitungkan lagi.

2. Prestasi non akademik beregu perhitungan nilai tiap peserta sama.
3. Jika siswa memiliki lebih dari satu Sertifikat dalam bidang yang sama, maka yang dihitung hanya              1 ( satu ) yang nilainya tertinggi.
4. Foto copy sertifikat dilegalisir oleh lembaga, antara lain :

a. Pengurus KONI, Pengurus Cabor
b. Dispora
c. Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik
d. Dinas terkait
e. Dewan Kesenian

Persyaratan Mengikuti Seleksi

  1. Telah tamat dan lulus SD / MI / SDLB atau yang sederajat.
  2. Berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada tahun pelajaran baru (lahir sesudah tanggal 18 Juli 1998).
  3. Menyerahkan Fotokopi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau Surat keterangan dari Kepala Sekolah tentang NISN.
  4. Menyerahkan Fotokopi akte kelahiran atau kenal lahir (jika ada).
  5. Menyerahkan pas foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  6. Menyerahkan SHUS asli Atau bila belum selesai dicetak oleh propinsi cukup Surat keterangan Hasil Ujian Sekolah yang di tandatangani Kepala Sekolah ( contoh dalam lampiran 1)
  7. Menyerahkan foto copy ijazah atau bila belum selesai dicetak oleh propinsi cukup Surat keterangan lulus yang mencakup nilai semua mata pelajaran yang di tandatangani Kepala Sekolah ( contoh dalam lampiran 2 untuk pelaksana kurikulum KTSP dan lampiran 3 untuk kurikulum 2013)
  8. Melampirkan piagam atau sertifikat prestasi akademik dan non akademik (jika ada).
  9. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA ) yang meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, IPA,
  10. Menyerahkan Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan asal dan diketahui oleh Dinas Pendidikan Gresik (bagi peserta dari luar Gresik).
  11. Melakukan pendaftaran online pada situs www.gresik.siap-ppdb.com.
  12. Melakukan verifikasi pendaftaran pada sekolah yang menjadi tujuannya.

jadwal ppdb smp 15-16

Biaya Seleksi PPDB SMP Negeri di Kabupaten Gresik dibebankan pada Dana APBD Kabupaten Tahun 2016

DAFTAR ULANG

  1. Siswa yang dinyatakan diterima wajib daftar ulang sesuai waktu yang telah ditentukan.
  2. Siswa yang tidak melakukan daftar ulang sampai dengan batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri
  3. Sekolah tidak boleh : Memungut biaya apapun pada saat daftar ulang dan menambah pagu yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan

jadwal ppdb smp 15-16

jadwal ppdb smp 16 kls OR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *